Penyakit Keputihan (Fluor Albus)

Penyakit Keputihan (Fluor Albus) – Keputihan adalah cairan bening yang dikeluarkan oleh vagina pada saat tertentu. keluarganya keputihan dari vagina juga fungsinya untuk menjaga kebersihan vagina, dan fungsi lain keputihan sebagai tanda masa subur wanita. keputihan pada umumnya tidak berbau, berwarna putih bening, dan tidak lengket. tetapi ada keputihan yang warnanya hijau, kuning atau pun abu abu yang merupakan keputihan tidak normal. keputihan tidak normal atau penyakit keputihan bisa jadi tanda bahwa ada masalah pada organ intim wanita.

Penyakit keputihan juga dikenal dengan nama Fluor Albus. penyakit keputihan sebaiknya tidak dianggap remeh, sebab kondisi tersebut bukan lah kondisi ringan. penyakit keputihan biasanya terjadi pada wanita yang telah menstruasi atau cenderung pada wanita yang sudah dewasa. faktor infeksi, atau masalah penyakit tertentu bisa menjadi pemicu penyakit keputihan. untuk itu ada tes kesehatan untuk mengecek apakah keputihan tanda penyakit atau pun bukan. maka dari itu apabila ada gejala tidak normal bisa di periksakan.

keputihan

Penyebab Penyakit Keputihan (Fluor Albus)

Penyebab Penyakit keputihan (Fluor Albus) setiap wanita disebabkan oleh hal yang berbeda beda, dan biasanya dibedakan dari warna, dan juga ada saja yang dirasakan ketika keputihan tidak normal terjadi. untuk itu dibawah ini beberapa jenis keputihan dan juga penyebabnya yang perlu diketahui :

  • Salah satu cairan keputihan tidak normal yang terjadi ketika penyakit keputihan (Fluor Albus) ialah cairan dengan warna merah atau pun coklat sebab ada darah yang terkandung di dalamnya. keputihan dengan warna tersebut bisa terjadi karena beberapa hal,seperti karena siklus menstruasi yang tidak lancar atau bisa juga dikarenakan oleh adanya masalah di organ dalam seperti kanker serviks atau pun kanker rahim.
  • Penyakit keputihan (Fluor Albus) bisa terjadi karena disebabkan oleh penyakit kelamin menular seperti penyakit gonore. penyakit gonore biasanya akan menyebabkan warna cairan keputihan dengan warna merah, atau bercampur dengan darah, dan juga ada rasa nyeri bahkan sakit pada bagian tulang panggul. kondisi ini disebabkan oleh jenis virus atau bakteri, yang bisa ditularkan oleh pasangan yang berhubungan intim. karena virus atau bakteri yang masuk ke dalam vagina akan menginfeksi dan mengakibatkan cairan keputihan tidak normal.
  • Ada pun jenis keputihan yang berwarna kuning, hijau atau pun berbusa ketika dikeluarkan. cairan seperti ini juga disebabkan oleh infeksi pada vagina ketika setelah berhubungan seksual tetapi bukan disebabkan oleh infeksi bakteri atau pun virus, tetapi infeksi dari parasit. infeksi parasit dengan jenis Trichomonas vaginalis. kondisi seperti ini juga salah satu penyakit menular kelamin. dan tidak hanya dengan warna hijau atau kuning saja, penyakit keputihan (Fluor Albus) seperti ini juga menyebabkan bau vagina atau pun vagina yang akan terasa gatal.
  • Untuk jenis penyakit keputihan (Fluor Albus) tidak normal lainnya ialah keputihan yang disertai dengan luka pada vagina. keluarnya cairan yang tidak normal dan disertai dengan adanya luka melepuh bisa terjadi akibat herpes simplexs. penyakit keputihan seperti ini bisa juga disebabkan oleh infeksi.
  • Penyakit keputihan (Fluor Albus) yang satu ini bisa dikarenakan jumlah bakteri baik di dalam vagina berkurang. hal ini bisa disebabkan oleh spermasida atau pun hal lainnya, sehingga vagina rentan untuk di infeksi dan menyebabkan cairan keputihan memiliki warna yang hijau dan juga berbau tidak sedap, dengan warna abu abu pada keputihan. untuk itu perlu hati hati dalam penyakit keputihan yang di miliki.

Mengatasi Penyakit Keputihan (Fluor Albus)

Adanya penyakit keputihan (Fluor Albus) sangat tidak nyaman, terlebih jika keputihan menyebabkan sakit pada bagian vagina ketika berhubungan seksual, terjadi pendarahan, aroma tidak sedap dari keputihan yang dikeluarkan, atau pun pembengkakan pada vagina. maka dari itu lakukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui penyebab utamanya sehingga akan lebih mudah untuk menyembuhkannya. penggunaan obat antibiotik bisa dilakukan apabila menyebabkan penyakit keputihan akibat dari infeksi sehingga keputihan akan kembali normal. ada upaya lain untuk mengatasi penyakit keputihan (Fluor Albus) seperti berikut :

  • Kompres dingin untuk meredakan gatal dan pembengkakan
  • Konsumsi yoghurt bila Anda sedang dalam pengobatan antibiotik agar menurunkan risiko terkena infeksi jamur.
  • Gunakan krim atau gel anti jamur jika memang keputihan disebabkan infeksi jamur.
  • Gunakan kondom atau tunda hubungan seksual hingga sepekan setelah pengobatan.
  • Bila keputihan yang tidak normal berlangsung lebih dari seminggu setelah pengobatan mandiri, periksakan diri Anda ke dokter.

Pencegahan Penyakit Keputihan (Fluor Albus)

Penyakit keputihan (Fluor Albus) yang telah teratasi bukannya tidak mungkin untuk terjadi lagi, karena itu lakukan pencegahan agar tidak akan terjadi lagi. dibawah ini beberapa pencegahan penyakit keputihan (Fluor Albus) :

  • Menjaga kebersihan vagina
  • Hindari penggunaan celana yang ketat sebab kondisi vagina bisa lebih lembab dan mudah di infeksi.
  • Gunakan celana khususnya celana dalam yang berbahan menyerap keringat dengan baik yaitu bahan katun. dengan begitu maka vagina tidak akan terlalu lembab.
  • Membersihkan vagina lebih dulu dibandingkan bagian anus sehingga tidak ada bakteri E.coli yang masuk dan menginfeksi.
  • Ganti pembalut yang sering pada saat menstruasi. (By:RM)

Penyakit Keputihan (Fluor Albus)


=====================================

>>> Cara Mencegah Penyakit Keputihan Pada Wanita dan Obatnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Keputihan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.